Tips Mencegah Penyakit Tipes Saat Hamil

Tipes merupakan penyakit yang menular melalui makanan dan minuman yang tidak higienis melalui bakteri akan masuk melalui mulut hingga ke lambung lalu akan menginfeksi usus halus. Didalam usus halus ini akan memperbanyak dan dilepaskan pada darah, sehingga mengakibatkan demam yang sangat tinggi. Tipes pada ibu hamil dan pada masa nifas menunjukkan angka kematian yang sangat tinggi hingga mencapai 15%. Bahkan memiliki pengaruh yang buruk pada perkembangan janin. Pada saat ibu hamil terserang penyakit tipes, janin yang dikandung beresiko tinggi keguguran atau pada usia kandungan telah memasuki usia antara tirmester kedua memasuki trimester ketiga beresiko lahir prematur. Meskipun demikian anda tidak perlu khawatir beberapa pengetahuan megnenai tipus sekaligus tips mencegah penyakit tipes saat hamil dapat dilakukan.

Tips Mencegah Penyakit Tipes Saat Hamil

 
  • Lakukan pencegahan melalui 5F
5F yaitu food (makanan), finger (jari tangan kuku), fomitus (muntah), Fly (lalat), dan juga feses. Kuman salmonella thypoid yang terdapat di dalam feses dan muntah pada penderita typus akan menyebarkan penyakit serupa pada orang lain. Kuman tersebut akan ditularkan melalui perantara lalat yang hinggap pada makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh orang yang sehat. Sehingga penting menjaga kebersihan dan kehegienisan makanan dan minuman yang dikonsumsi untuk ibu hamil. Selain memperhatikan kebersihan lingkungan, memperhatikan kebersihan diri sendiri sangat penting diantaranya untuk menjaga kebersihan kuku agar terhindar dari kuman yang menempel pada saat anda mengkonsumsi makanan tertentu.
  • Memilih jajanan pinggir jalan
Penyakit typus paling utama ditularkan melalui makanan yang telah tercemar kuman typus. Sehingga memilih makanan di pinggir jalan adalah cara yang bisa anda lakukan, walaupun demikian beberapa ibu hamil lebih memilih untuk tidak jajan terlebih dahulu di pinggir jalan dikarenakan beberapa sebab diantaranya adalah proses memasak dan kehigienis bahan baku tersebut.
  • Menjaga lingkungan
Hal yang tidak boleh luput dari perhatian anda adalah menyediakan air minum dari sumber yang bersih, memperhatikan pembuangan BAB dan BAK yang memadai, pemberantasan lalat di rumah dan pengawasan terhadap lingkungan rumah. Hal ini terkait dengan mengendalikan mikroorganisme penyebab typus.
  • Lakukan penanganan medis
Bila anda mengalami kondisi demam yang tinggi hingga 3-4 hari dan berlangsung satu minggu tanpa penurunan pada malam hari kemudian lidah terlihat berwarna putih dan pinggir-pinggirnya merah disertai dengan muntah dan mual yang berat sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter lebih intens. Dokter akan membantu anda dalam menentukan penyakit yang anda derita melalui serangkain test. Dokter akan menyarankan untuk mendapatkan penanganan medis seperti di rawat dan mendapat beberapa obat penyakit tipes yang membantu anda dalam mencegah typus menganggu perkembangan janin.

Anda juga bisa mengkonsumsi obat-obatan herbal yang tentunya aman dikonsumsi oleh ibu hamil dan janin, salah satu obat herbal penyakit tipes untuk ibu hamil adalah jelly gamat gold-g.





| Tips Mencegah Penyakit Tipes Saat Hamil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar